BMW Z4 M40i Roadster 2019

BMW Z4 M40i Roadster 2019

BMW Z Series mempunyai sejarah panjang dalam dunia otomotif. BMW Z1 yang menjadi cikal bakal dalam Z Series pertama kali hadir 30 tahun lalu, tepatnya pada tahun 1989. Sementara generasi pertama dari BMW Z4 hadir pada tahun 2002 dengan dua model yakni roadster (E85) dan coupe (E86). Perubahan desain yang signifikan dari pendahulunya, Z3 menjawab kritikan para penggemar otomotif dengan perubahan signifikan pada sasis yang semakin kuat. Efeknya pada pengendalian yang semakin asyik.

Generasi kedua BMW Z4 diperkenalkan setelah 7 tahun sejak debut generasi pertama. Bertempat di North American International Auto Show (NAIAS) 2009, BMW Z4 generasi kedua menjadi Z Series model pertama yang menggunakan atap bisa dibuka-tutup, sehingga tidak ada lagi pemisahan model coupe dan roadster. Saat itu atap BMW Z4 bisa membuka dan tutup selama 20 detik.

Kini generasi ketiga dari BMW Z4 telah resmi diluncurkan. Edisi pertama ini akan mendapatkan warna orange metallic dengan sentuhan khusus BMW Individual High Gloss Shadow Line. Banyak ubahan yang dilakukan oleh para insinyur BMW untuk Z4 terbaru.

Sisi Depan

Pada tampilan depan BMW Z4 M40i, lekukan dengan garis tegas terlihat mendominasi pada bagian bumper. Sekilas mirip dengan BMW 8 Series terbaru. Kidney Grille khas BMW dibuat memanjang menimbulkan efek terlihat lebar untuk BMW Z4 M40i. Dibawah bumper terdapat semacam diffuser yang diklaim akan memberi aerodinamis lebih baik. Pada lampu utama, BMW Z4 M40i 2019 telah menggunakan LED adaptif yang membuat penerangan saat berkendara malam hari lebih baik.

Sisi Belakang

Pada sisi belakang, kesan lebar begitu terasa. Seperti lampu belakang yang pipih dan lampu rem tambahan pada ekor BMW Z4 M40i membuat mobil ini terlihat lebar. Ekor pada bodi mobil ini terlihat unik dan diklaim memberikan efek aerodinamis yang lebih baik. Dua knalpot dengan bentuk trapezoid terlihat menyatu dengan bumper belakang. Pada sisi kanan kiri bumper belakang, sebuah celah dengan lampu reflektor membuatnya tampil sporty.

Sisi Samping

Sedangkan tampak samping, paling menarik perhatian terdapat celah udara tepat dibelakang ban depan untuk melepaskan hawa panas pengereman. Velg 19 inci dengan palang lima membuat tampilan lebih sporty. Dibalik velg besar tersebut kaliper rem dengan logo ikonik M Series dan warna biru membuatnya tampil menawan. Berbeda dengan BMW Z4 generasi sebelumnya, kini BMW menggunakan material kain atau soft top untuk membuka dan menutupnya. Sementara spion BMW Z4 M40i diberi lapisan berwarna hitam yang membuat efek two-tone dengan lampu sein.

Dashboard

Kesan futuristik tampil pada desain dashboard BMW Z4 M40i 2018. Seperti pada instrumen panel yang menggunakan BMW Live Cockpit Professional dengan layar full digital. Sehingga tidak hanya menampilkan speedometer dan tachometer, tapi juga bisa sebagai navigasi. Tepat diatas posisi instrumen panel terdapat head-up display yang menampilkan kondisi mobil dan kecepatan saat melaju. Hadirnya paddle shift dibalik setir artinya BMW Z4 M40i bisa diubah transmisinya dari otomatis ke manual.

Kursi

Kursi full bucket terpasang untuk pengemudi dan 1 penumpang. Ada dua warna pilihan yang tersedia yakni hitam dan putih. Motif jahitannya yang membentuk pola seperti kursi mobil balap menambah aura sport. Sedangkan sandaran kepala BMW Z4 M40i dibuat menyatu sehingga tidak bisa diatur tinggi rendahnya.

BMW membawa perubahan signifikan pada generasi keenam Z4 ini. Mulai dari perubahan eksterior, interior, fitur hingga mesin yang dikembangkan oleh divisi sport, M. Bila tidak ada fitur atap yang bisa dibuka, BMW Z4 terlihat seperti sebuah sportscar coupe yang siap menantang para rivalnya. Fitur-fitur canggih juga membuat BMW Z4 M40i ini terlihat sangat modern dibandingkan rival sekelasnya. Sayangnya BMW belum merilis harga resmi dari roadster andalannya ini.