Ferrari Pininfarina Sergio

Salah satu mobil konsep paling keren tahun lalu,, Pininfarina Sergio segera masuk dapur produksi. Mobil ini akan diracik oleh Ferrari dan diperkirakan akan memiliki banderol Rp 38,8 miliar.

Mobil sport yang memulai debutnya di Geneva Motor Show 2013 ini kabarnya hanya akan diproduksi sebanyak 6 unit saja. Gilanya, seluruh unit yang sejatinya belum diproduksi itu sudah dipesan oleh pelanggan kaya dari Amerika Serikat, Eropa dan Asia.

Padahal, desain versi produksi dari mobil i ni belum selesai dirancang. Karena bakal ada beberapa perubahan antara Pininfarina Sergio versi konsep dan versi produksinya kelak.

Misalnya saja kaca spion yang tidak ada di versi konsep tentu bakal dipasang di versi produksi untuk membuatnya legal digunakan di jalan raya. Belum lagi kaca depan yang di versi konsepnya tidak ada. Bila itu tidak di rubah, pemilik mobil ini di Eropa saat menggunakannya harus mengenakan helm karena itulah aturan di sana.

Bicara mengenai versi konsepnya, Pininfarina Sergio dibangun dengan menggunakan platform dari 458 Spider dengan bobot 1.535 kg. Tenaganya berasal dari mesin V8 yang memiliki kapasitas 4.5 liter dengan tenaga hingga 570 hp dan torsi 540 Nm yang dikirim ke roda belakang melalui transmisi dual-clutch 7-speed.

Dengan perpaduan ini, para versi konsepnya Pininfarina Sergio bisa mencapai kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu 3,4 detik saja sebelum mencapai kecepatan puncak di angka 320 km/jam.

Untuk harganya, baik Pininfarina maupun Ferrari belum menjelaskannya. Tapi ada yang berspekulasi menyebutkan kalau harga mobil ini bisa berada di sekitar angka US$ 3,2 juta atau sekitar Rp 38,8 miliar dan membuatnya menjadi salah satu Ferrari paling mahal yang pernah dibuat.

Sebenarnya, sebelum mobil ini di pertontonkan dalam ajang Genewa Motor Show 2015, Ferrari Pininfarina Sergio versi model konsep sebenarnya muncul lebih dulu dalam ajang yang sama, di tahun 2013 silam. Ketika itu, Ferrari Pininfarina Sergio yang masih berupa konsep, mampu membuat seisi pameran gempar dengan tampangnya yang bengis.

Ferrari Pininfarina Sergio sendiri sebenarnya merupakan mobil yang dibuat untuk menghormati Sergio Pininfarina, yang merupakan desainer awal berbagai mobil Ferrari yang meninggal pada 3 Juli 2012 silam dalam usia usia 85 tahun. Tapi karena mobil ini mendapatkan sambutan luar biasa, pihak pabrikan pub akhirnya merelakan mobil ini di buat dalam versi produksi, walaupun jumlahnya terbatas.

Dilansir dari worldcarfans, semenjak di umumkan akan hadir dalam versi produksi, 6 unit Ferrari Pininfarina Sergio ini langsung terjual habis. Bahkan hingga kini, banyak desakan dari para penggemar Ferrari yang menginginkan mobil ini di buat ulang, atau setidaknya di munculkan dalam versi kedua.