Hyundai Grand Avega

Hyundai Grand Avega

pertama kali dikenalkan pada tahun 2011 yang lalu guna mengisi kekosongan dalam segmen hatchback di Indonesia. Ia merupakan salah satu hatchback hasil dari pengembangan keluarga Accent di Indonesia. Perkembangannya cukup unik karena gen keluarga Accent masuk dalam segmen sedan kompak, lalu beralih menjadi sedan liftback pada pendahulu Grand Avega ini tepatnya pada versi Hyundai Avega.

Hyundai masih mempertahankan desain sporty khas Avega dalam membangun Grand Avega ini. Grand Avega memiliki bodi berukuran 4.115 x 1.700 x 1.475 mm dengan jarak sumbu roda mencapai 2.570 mm. Ukurannya mampu berakselerasi maksimal di tengah jalanan kota yang ramai.

Dilihat dari sisi luarnya, Grand Avega benar – benar memiliki tampilan aerodinamis, keren dan stylish sehingga mampu menarik perhatian berbagai kalangan pecinta hatchback di Indonesia. Kalau dibandingkan dengan mobil jenis hatchback lain, ia nampak memiliki ukuran bodi yang lebih rendah. Hal ini akan membuat aura sporty pada Hyundai Avega semakin kuat.

Untuk ukuran mobil bertipe hatchback, kabin Grand Avega ini memang tergolong sangat luas. Sektor kabin depan Hyundai Avega nampak mewah dengan sepasang jok berwarna abu-abu tua. Pada ruang kendali mobil ini ditampilkan panel LCD yang akan memberikan kemudahan kontrol bagi pengemudinya.

Sistem pendingin ruangan dari mobil ini juga telah dibekali dengan AC Doubel blower sehingga nantinya udara dari seluruh ruangan dari mobil ini akan menjadi sangat sejuk merata hingga penumpang di paling belakang.

Pada sistem audio, keamanan Hyundai Grand Avega mengusung jenis pusat kendali terletak di bagian tedi tengah dasbor. Sebagai upaya preventif terhadap gangguan sinar ultraviolet dari arah depan yang dapat mengganggu penglihatan pengemudi, Hyundai menempatkan unit sunvisor pada kabin depan mobil. Selain itu, kabin belakang juga dapat mendukung keamanan penumpang dengan memperhatikan penempatan unit power window control di masing-masing pintunya.

Dengan jenis kapasitas tangki mobil, Eco Mode Hyundai Grand Avega mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar yang digunakan. Untuk jenis mobil sporty, mobil berbahan bakar pertama ini memiliki kemampuan tampung sebesar 43 liter. Selain itu, Hyundai Grand Avega memiliki fitur paket mode hemat bahan bakar dengan cara mengaktifkan pada tombol trip dekat panel instrumen, Eco On atau Off.

Agar fitur Eco Mode dapat berjalan optimal, pengemudi sebaiknya tidak mengendarai mobil ini secara agresif agar mempertahankan performa mesin saat melakukan penghematan bahan bakar. Dengan berbagai kenyamanan dan kapasitas tangki yang hemat, sepanjang perjalanan pengemudi akan seperti dipandu dengan asisten pribadi yang akan memberi peringatan jika terlalu menekan pedal gas terlalu dalam.

Kekurangan Hyundai Grand Avega adalah spion masih belum retractable atau belum bersistem lipat otomatis. Selain itu, mesin mobil ini masih kurang responsif dalam melaju di kecepatan 100 km/jam ke atas. Untuk peredaman kabin, mobil jenis hatchback ini perlu meningkatkan kualitas agar dapat bersaing dengan mobil sejenis merek lainnya.