Koenigsegg Agera R

Koenigsegg Agera RKoenigsegg Agera R

Koenigsegg adalah perusahaan mobil ternama yang didirikan oleh Christian Von Koenigsegg di Swedia pada 1993. Mungkin anda tak terbiasa mendengar dan menyebut namanya. Kira-kira penyebutannya adalah kounigzeg. Perusahaan ini berkonsentrasi pada pembuatan sportscar.

Mobil sport buatan pabrik Koenigsegg di Angelholm, Swedia yakni sedan sport Koenigsegg Agera R merupakan kendaraan tercepat di dunia saat ini. Saat melaju di jalanan mulus dan dalam kondisi prima sedan sport 2 pintu ini mampu menembus kecepatan 439 km/jam. Namun pada keadaan normal sedan coupe ini hanya mempunyai kecepatan rata rata 374 km/jam.

Apa rahasia di balik kecepatan mobil mobil sport mewah tersebut. Ternyata mereka mempunyai teknik dalam mencampurkan bahan bakar. Rupanya mereka mempunyai formula khusus perbandingan penggunaan bahan bakar selain premium dan dalam hal ini mereka menggunakan etanol untuk bahan bakar sedan sport super car tersebut. Dengan menggunakan perbandingan 85% etanol dan 15% premium, maka tenaga power yang di hasilkan sangat fantastis. Dari tenaga maksimum 806 hp (gasoline) dapat terdongkrak hingga mempunyai tenaga maksimum 1018 hp (etanol + gasoline).

Koenigsegg Agera R
Pada tanggal 2 September 2011, sedan supercar Koenigsegg Agera R mencatatkan prestasinya dalam hal kecepatan mobil pada Guinness World Records. Pencatatan rekor dunia khususnya dalam hal akselarasi mobil. Percepatan dari 0 hingga 321 km/jam hanya ditempuh dalam waktu 17,68 detik.

Mesin mobil Koenigsegg Agera R adalah 5.0 L (305 cu in) V8 twin-turbocharged 1,140 PS (838 kW; 1,124 bhp).

Berikut spesifikasi mobil Koenigsegg Agera R secara lengkap :
Mesin               : 5 liter V8 biturbo
Tenaga maksimum     : 940 hp
Torsi               : £ 811-ft
Kecepatan tertinggi : 439.35 km/h
Panjang             : 4.293 mm (169,0 in)
Lebar               : 1.996 mm (78,6 in)
Tinggi              : 1.120 mm (44,1 in)


Lempengan bodi sedan sport model coupe ini terbuat dari serat karbon dan baja ringan. Chassis terbuat dari aluminum honeycomb yang juga dilengkapi dengan tangki bahan bakar terintegrasi untuk distribusi berat yang optimal dan keamanan. Velg dan jari jari terbuat dari aluminum wheels. Roda depan menggunakan ukuran 19″ dan roda bagian belakang dengan 20″.

Selain semua spesifikasi diatas, Agera juga memiliki fitur-fitur kenyaman dan keamanan yang lengkap. Contohnya dual airbag, ABS braking system, power steering, kamera parkir, koneksi USB, dan masih banyak lagi.

 

Author: admin