Koenigsegg CCX

Koenigsegg CCX

Koenigsegg CCX adalah mobil sport bermesin menengah yang dibangun oleh Koenigsegg Automotive AB. Proyek ini dimulai dengan tujuan membuat mobil global, yang dirancang dan dirancang untuk mematuhi peraturan keselamatan dan lingkungan global, khususnya untuk memasuki pasar mobil Amerika Serikat. Untuk menjual mobil di AS banyak perubahan dibuat untuk desain CCR; Ford Modular engine yang digunakan sebelumnya digantikan oleh mesin Koenigsegg yang dikembangkan di rumah yang dirancang untuk berjalan pada bahan bakar beroktan 91, tersedia di Amerika Serikat, dan untuk memenuhi standar emisi California.

Koenigsegg CCX

Nama CCX adalah singkatan untuk Competition Coupé X, X memperingati 10 tahun (X menjadi angka Romawi untuk sepuluh) dari penyelesaian dan test drive kendaraan CC pertama pada tahun 1996.

CCX diresmikan pada Pameran Motor Jenewa 2006, modifikasi badan olahraga untuk memenuhi peraturan AS dan mesin 4,8 L twin supercharged V8 yang baru dikembangkan yang mampu memproduksi 806 PS (593 kW; 795 hp) pada 7000 rpm dan 920 N⋅ m (679 lb⋅ft) pada 5700 rpm torsi saat berjalan pada bensin oktan 91. Ada 49 mobil seri CCX yang diproduksi antara 2006 dan 2010 (30 CCX, 9 CCXR, 6 CCX / CCXR Edition, 2 CCXR Special Edition, dan 2 CCXR Trevita). Salah satunya adalah CCX yang digunakan untuk tes Crash dan yang lainnya adalah CCXR yang masih merupakan mobil uji pabrik. Beberapa mobil CCX kemudian ditingkatkan ke spesifikasi CCXR.

Koenigsegg CCX

Mesin baru adalah semua konstruksi aluminium, terbuat dari 356 aluminium dengan perlakuan panas T7 untuk lebih meningkatkan integritas blok dan silinder membosankan selama casting. Khusus dibuat dan dicor untuk Koenigsegg oleh Grainger & Worrall, spesialis casting dengan pengalaman F1 dalam komponen drivetrain, mesin dibangun, dirakit dan diuji di pabrik produksi Ängelholm mereka. Mesin dilumasi dengan sistem bah kering dengan pompa oli terpisah dan piston didinginkan dengan menggunakan pendingin internal yang menyemprotkan minyak ke dalamnya untuk menjalankan tekanan silinder tinggi dengan bahan bakar oktan 91 sehingga mampu 14 mpg (17 l / 100 km) dalam siklus gabungan dan 18 mpg (13 l / 100 km) di jalan raya. Transmisi yang tersedia adalah CIMA 6-speed manual dan transmisi manual sequential 6-speed.