Lamborghini Veneno Spyder

Lamborghini Veneno secara konsisten fokus pada aerodinamika optimal dan stabilitas yang mantap, memberikan kendaraan pengalaman autentik dan dinamis dari prototipe balap, namun sepenuhnya disertifikasi untuk jalan.
Desain ringan dari rangka serat karbon tidak hanya terlihat jelas, tetapi juga membuktikan dirinya pada timbangan dengan rasio power-to-weight dari 1,93 kg / hp (4,23 CV / lbs), dan berkat kekuatan dua belas silindernya, Veneno menjamin kinerja yang luar biasa.

Desain
Sama seperti ujung depan, bagian belakang Veneno juga telah dioptimalkan untuk aerodinamis bawah bodi dan stabilitas menikung kecepatan tinggi. Monocoque serat karbon juga terlihat di dalam mobil, terutama di area terowongan pusat dan kusen.
Dua kursi bucket ringan terbuat dari Lamborghini’s Forged Composite yang telah dipatenkan. Serat karbon ringan CarbonSkin digunakan untuk memadati seluruh kokpit, bagian dari kursi dan headliner. Langkah-langkah ini membantu mengurangi berat badan dan meningkatkan kesenangan mengemudi hingga tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Speksifikasi

Mesin
TYPE V12,60°, MPI (Multi Point Injection)
DISPLACEMENT 6.498 cm³ (396.5 cu in)
BORE X STROKE 95 mm x 76,4 mm (3.74 x 3.01 in)
COMPRESSION RATIO 11,8:1
MAX. POWER 750 CV (552 kW) @ 8.400 rpm
MAX. TORQUE 690 Nm (507 lb.-ft.) @ 5.500 rpm
WEIGHT-TO-POWER RATIO 1,99 kg/CV (4.35 lb/CV)
LUBRICATION Dry sump
EMISSION CONTROLEuro 6 – LEV 2

Transmisi
TRANSMISI TYPE Sistem penggerak all-wheel drive yang dikontrol secara elektronik (Haldex gen. IV) dengan diferensial penguncian otomatis mekanis belakang
Gearbox GEARBOXISR (Independent Shifting Rods) dengan 7 kecepatan

Performa
MAX. SPEED 355 km/h (221 mph)
ACCELERATION 0-100 KM/H (0-62 MPH)2,9 s

Body dan Chassis
CHASSIS Monocoque dalam serat karbon
BODY Eksterior dalam serat karbon
MEMBUKA atap ROOF Open dengan sistem roll-bar tetap
MIRROR EKSTERNAL dioperasikan secara elektronik, dipanaskan dan dilipat
AERODYNAMICS Spoiler secara manual disesuaikan dengan 3 posisi; benar-benar bagian bawah bodi mobil

Roda
RIMS – rims depan khusus FRONT 20 ‘; 9J x 20 ET32.2
RIMS – REAR 21 ” pelek tempa khusus; 13J x 21 ET66.7
BAN – FRONT 255 / 30 ZR20
Ban – REAR 355 / 25 ZR21

Steering dan Suspension
SISTEM PENGENDALIAN Kontrol Stabilitas Elektronik (ABS e TCS integrati)
SUSPENSION TYPE Push rod pasif mono-tube depan dan suspensi belakang dengan damper horizontal dan pegas
GEOMETRI SUSPENSI Suspensi ganda bebas suspensi independen
STEERING TYPE Hidrolik dibantu power steering
STEERING SYSTEM Servotronic

Sistem Pengereman
Rem BRAKES Carbon-ceramic dengan monoblock kaliper tetap di aluminium dengan 6 piston (depan) dan 4 piston (belakang)
FRONT BRAKES Carbon-ceramic discs ventilated dan cross dibor dengan diameter 400 mm dan ketebalan 38 mm
BELAKANG BELAKAR Carbon-keramik cakram berventilasi dan lintas dibor dengan diameter 380 mm dan 38 mm ketebalan

Safety
AIRBAGS Demender, airbag penumpang, samping dan kneels
KESELAMATAN PASIF Area depan dan belakang yang dapat dilipat; sistem perlindungan samping
AKTIF SAFETY Electronic Stability Control (ABS dan TCS terintegrasi)

Dimensi
LENGTH 5.020 mm (197.64 in)
WIDTH EXCL. MIRRORS: 2.075 mm (81.69 in)
WIDTH INCL. MIRRORS n.a.
HEIGHT 1.165 mm (45.87 in)
WHEELBASE 2.700 mm (106.30 in)
DRY WEIGHT 1.490 kg (3,285 lb)
WEIGHT DISTRIBUTION (FR. – REAR)43 / 57

Mobil di segmen roadster yang satu ini hanya diproduksi sembilan unit di seluruh dunia. Harganya pun sangat fantastis yaitu Rp 52 miliar Wow…