McLaren F1

McLaren F1

McLaren F1

Terlahir sebagai supercar terkuat dan tercepat pada era tahun ’90-an, McLaren F1 menjadi mobil jalanan legendaris pertama dengan satu bangku pengemudi berada di tengah. Meski dibuat di Pabrik McLaren Automotive dan didesain oleh Gordon Murray & Peter Stevens performa mesinnya datang dari BMW.

Design McLaren F1 ini benar-benar terinspirasi dari Formula 1, namunĀ  terbebas dari regulasi balap. Sebuah kreeasi cerdik sekaligus hasil imajinasi sempurna yang kemudian melahirkan defisi sportcar, Grand Touring Car atau supercar dengan kecepatan dan kenyamanan touring jarak jauh.

McLaren F1
Bagian depan F1 memiliki posisi mengemudi centerline dan driver centric dengan kokpit ergonomis mencerminkan grandprix murni. Bentuk dan fitur aerodinamisnya langsung dari teknologi F1. Sistem managemen aerodinamis ground-effect bawah body ditingkatkan dengan penghapusan fan-assisted dari boundary layes airflow. Sementara fitur canggih lainnya termasuk rem pendingin aktif yang smart serta kontrol otomatis aerodinamis Center of Pressure.

McLaren F1 juga menjadi satu gambaran mobil sport yang dibuat dengan teknologi canggih dan menggunakan bahan-bahan mahal pada eranya. Bahan material mahal seperti carbon fiber untuk sasis monocoque-nya, titanium, emas, magnesium dan kevlar ada pada supercar McLaren F1.


Di balik semua bahan mahal tersebut, sekali lagi pabrikan mobil Bavarian, BMW, membuktikan diri sebagai salah satu brand dengan kualitas mesin tangguh. Dengan berbekal teknologi mesin BMW M Power berkode S70/2 V12 berkapasitas 6.1 liter yang bertenaga 627 hp dan berbobot hanya 266 kg.

Berkat mesin BMW ini McLaren F1 tercatat resmi menjadi supercar tercepat pada 31 Maret 1998. Dalam catatan kecepatan puncak yang dicapai saat terdapat limiter McLaren F1 sanggup melesat hingga 372 km/h, tapi saat limiter dilepas kecepatan puncaknya menjadi 391 km/h.

Hingga saat ini BMW bisa dikatakan semakin sukses dengan generasi mesin-mesin terbarunya. Meski sudah tidak lagi terdengar hadirkan jenis mesin V12 lagi, BMW sanggup mengkolaborasi tenaga besar dengan tingkat efisiensi rendah dan hemat BBM.


Interior F1 terbuat dari kulit Connolly Soft Assisted Aniline pilihan. Bahan ini menawarkan semua kualitas yang diperlukan dari kulit interior mobil yang tahan lama, ringan, panas stabil, dan konsisten dalam tekstur. Bahan ini juga mampu memberikan fleksibilitas luar biasa, sensual, dan tekstur yang lebih dalam.

Kursi pengemudi dirancang serta dibentuk secara individual dan di-trim dengan cara tim balap McLaren International Formula One yang diterapkan untuk pengemudi Grand Prix-nya. Posisi roda kemudinya juga di-setup dan pedal kakinya dibangun khusus, dibentuk, dan disesuaikan untuk memberikan tingkat ergonomis terbaik.

McLaren F1 memiliki volume bagasi 227 liter dari dua cool, kompartemen sisi bersih hanya di depan lengkungan roda belakang, jauh dari panas dan asap bay mesin. Pintu kompartemen dapat dibuka dari kokpit, juga menyediakan akses ke tanki minyak dry-sump dan bay peralatan listrik.

Untuk sistem audio, kerja sama McLaren Cars dan Kenwood mencapai reproduksi suara berkualitas terbaik. Sistem audionya menyelaraskan dengan filosofi ergonomi F1, mudah dioperasikan di semua kondisi mengemudi, serta kontrol hi-fi yang user-friendly.

Untuk daya lima speaker-nya, Kenwood menggunakan amplifier KAC 622 yang diintegrasikan ke dalam dashboard. Posisi speaker dirancang khusus demi menjamin kualitas tertinggi. Berkat posisi mengemudi centerline yang unik, F1 menjadi satu-satunya mobil di dunia yang menawarkan suara stereoponis.