McLaren Senna 2018

McLaren Senna 2018

Para pecinta arena balap roda empat mungkin akan kaget mendengar munculnya nama Senna sebagai salah satu model McLaren. Ada hal yang menjadi dasar McLaren menggunakan Senna pada model teranyarnya ini, yaitu ingin merepresentasikan kecepatan, fokus dan konsistensi sang legenda balap F1 almarhum Ayrton Senna. Ayrton Senna bergabung di McLaren pada tahun 1988, dan menjadi salah satu pembalap terbaik tim Formula 1 asal Woking tersebut.

Hari ini dan selamanya Ayrton Senna tetap dikenang sebagai salah satu pembalap Formula 1 terbesar. Bersama McLaren, Senna berhasil meraih tiga gelar juara dunia dengan 41 lomba mampu dimenangkannya. Kesepakatan antara McLaren dan keluarga Senna pun semakin romantis dengan menghasilkan perijinan penggunaan nama Senna pada salah satu varian McLaren.

McLaren Senna mengambil basis yang sama pada McLaren 720S. Sebagai hypercar, setiap elemen bodi dirancang atas sebuah fungsi. Salah satunya, untuk mengendalikan aliran udara dan menghasilkan gaya tekan ke bawah sebanyak-banyaknya. Meski begitu, bahasa desain McLaren Senna 2018 sangatlah agresif dan beda dibandingkan McLaren 720S 2017.

Di bagian depan ini dapat kita temukan detail aerodinamis yang begitu rumit, utamanya pada sisi ujung depan. Secara bentuk, jika dilihat dari sudut paling tengah, mobil ini sangat rendah hingga ke ujung depan serta meninggi ke bagian belakang. Bentuk dan desain McLaren Senna 2018 lahir dari buah pemikiran yang mencurahkan segala sesuatunya pada unsur aerodinamika. Juga untuk pendinginan, bisa dilihat pada bawah bagian lampu depan hingga ventilasi udara sisi samping mobil.

Bukan hanya unik dari depan, ketika bergerak ke samping juga akan melihat keunikan yang tidak biasa. Utamanya saat melihat adanya kaca bodi transparan yang membuat semua bertanya-tanya apakah fungsinya atau hanya desain unik semata. Kami melihat fungsi dari kaca ini adalah salah satunya untuk mengakali kesan sempit dalam kabin.

Posisi dashboard yang minimalis namun tetap sporty dengan beberapa desain kisi AC, hingga head unit. Dashboard ini memiliki desain yang begitu berotot, banyak sekali material carbon fiber dalam dashboard hingga pintu. Ada juga material Alcantara melapisi airbag samping yang membuat mobil ini bukan hanya sporty namun berkesan mahal.

Beruntungkah jika Anda termasuk satu dari 500 orang yang “berhak” membeli McLaren Senna 2018. Dijamin, akan menjadi rebutan para kolektor di Tanah Air. Inilah McLaren dengan desain tersangar pernah ada dan performa tergalak.