Mercedes-Benz SLR McLaren

Mercedes-Benz SLR McLaren

Mercedes-Benz SLR McLaren adalah mobil super yang dikembangkan oleh DaimlerChrysler dan McLaren Automotive. Mobil ini dirakit di McLaren Technology Centre di Woking, Inggris. “SLR” merupakan singkatan dari “Sport, Leicht, Rennsport” (Sport, Light, Racing). Pada waktu itu Mercedes-Benz yang dimiliki 40 persen dari Grup McLaren.

SLR memiliki mesin 5.5 liter V8 dengan supercharger yang memproduksi 626 hp dan torsi 780 Nm. Mercedes-Benz mengklaim bahwa mobil ini dapat berakselerasi dari 0 sampai 100 km/jam hanya dalam 3,8 detik dan memiliki kecepatan maksimum 334 km/jam. Rem cakramnya terbuat dari karbon-keramik yang memberikan tenaga pemberhentian yang baik dan tahan lebih lama dari cakram baja. Mobil ini memiliki lima tingkat kecepatan transmisi otomatis dengan tiga mode yang berbeda.

SLR mengeluarkan fitur rem Sensotronic, jenis-rem wire-system. Pada piringan rem dibuat dari karbon-keramik yang berfungsi memberikan tenaga pengereman yang lebih baik dan tahan pudar dari cakram baja ketika beroperasi di bawah suhu kerja yang ideal. Mercedes-Benz mengklaim piringan ini tidak pudar tahan terhadap 1.200°C. Cakram depan secara internal vented dan 370 mm (15 in) dengan diameter. 8 kaliper piston yang digunakan. cakram belakang adalah 360 mm (14 in) dengan diameter dengan 4 piston calipers. Selama kondisi basah kaliper otomatis skim permukaan disk agar mereka tetap kering.

Mercedes-Benz SLR McLaren
Untuk meningkatkan kinerja pengereman ada rem udara otomatis, ketika terlibat sudut elevasi belakang spoiler belakang diatur ke 65 derajat. Bagian belakang tambahan downforce selain meningkat tajam meningkat drag aerodinamis perlambatan puncak.

SLR memberikan fitur aerodinamis aktif, ada spoiler dipasang pada tutup udara rem belakang yang terpisah. Spoiler downforce meningkat tergantung pada sudut atas elevasi (sudut gaya tekan). Pada kecepatan di atas 95 km/jam. Bagaimanapun naik-turunnya spoiler tergantung dari kecepatan mobil tersebut.

Mercedes-Benz SLR McLarenTidak seperti kebanyakan mobil sport lainnya, mesin ini bertipe front-mid-mount. McLaren mengambil mobil konsep asli dirancang oleh Mercedes dan memindahkan mesin 1 meter (39,4 in) di belakang bumper depan, dan sekitar 50 cm (19,7 in) di belakang as roda depan. Mereka juga mengoptimalkan desain firewall pusat.

SLR menggunakan AMG SPEEDSHIFT transmisi R otomatis 5-speed dengan 3 mode manual. Untuk Mercedes memakai transmisi 5-speed daripada gearbox 7-speed yang lebih kompleks dan menggunakan lebih banyak bagian.

Mobil menggunakan serat karbon untuk konstruksi bodi dalam upaya untuk mengurangi berat mobil. Meskipun bahan CFRP berat mengekang total 1.750 kg. McLaren mengklaim 0-100 km/h dari 3.8, dengan kecepatan puncak 334 km/h.