Mobil Terbaru Dari Pasar Otomotif 2018

Mobil Terbaru Dari Pasar Otomotif 2018

Sekitar 40 mobil baru bakal dilepas kalangan agen pemegang merek (APM) tahun ini. Kehadiran mobil baru diyakini dapat memompa penjualan sekaligus memenangi persaingan pasar yang kian keras.

Sejak 2016, model baru berperan besar dalam mengatrol penjualan mobil domestik. Hal ini diprediksi kembali terjadi tahun ini. Dengan adanya model baru, perbaikan pertumbuhan ekonomi, serta kenaikan harga komoditas, penjualan mobil 2018 diprediksi tumbuh 2% menjadi 1,1 juta unit dari 2017 sebanyak 1,079 juta unit.

Catatan Motoris, peluncuran mobil baru sudah marak sejak akhir 2017 dan awal 2018, dimulai oleh Toyota dan Daihatsu yang mulai memasarkan duet All New Rush dan All New Terios. Selepas itu, Mitsubishi memperkenalkan dua varian baru SUV Pajero Sport, yakni Exceed 4×2 AT dan GLX 4×4 MT rakitan lokal.

Selanjutnya, Datsun Indonesia menggelar debut perdana dunia Cross. Kabarnya, model baru Datsun lainnya adalah Datsun Go Panca facelift dengan varian transmisi otomatis. Tak mau ketinggalan, Suzuki melansir varian baru city car Ignis Sport Edition, Jumat (26/1), yang bakal diikuti tiga model lainnya, yang kabarnya adalah All New Swift, All New Ertiga, dan All New Jimny, serta tak tertutup kemungkinan Wagon R.

Pekan depan, Mazda bakal membuat kehebohan dengan melepas SUV bongsor All New CX-9, diikuti oleh Daihatsu yang merilis All New Sirion. Honda juga bakal melepas HR-V facelift, yang mulai dijual di Jepang bulan depan. Mitsubishi juga tak malu-malu menunjukkan minatnya memasarkan Eclipse Cross di Indonesia, tahun ini, mengisi ceruk SUV mendium monokok.

Pemain besar lainnya, Nissan, akan agresif melepas mobil baru. Ada tiga mobil yang dikaji Nissan, yakni Kicks, March, dan Terra. Namun, model yang paling dinanti adalah generasi terbaru Grand Livina yang bakal berbagi platform dengan Mitsubishi Xpander, semester II/2018.

Perwakilan Amerika Serikat (AS) Chevrolet dikabarkan segera melepas Spark Activ, diikuti Kia yang melansir Picanto, dan saudaranya Hyundai merilis tiga model. BMW juga jorjoran meluncurkan mobil baru, sebanyak 10, di antararnya 520i Luxury Line rakitan lokal dan X2.

Tak kalah penting, pemain Tiongkok, Wuling, segera melepas Cortez, yang indennya telah dibuka. Banderol Cortez berkisar Rp 220-268 juta, masih lebih murah dari sang target operasi Toyota Kijang Innova yang mulai Rp 298 juta. Selanjutnya, Sokon pada Maret mendatang melepas Glory 580, rival CR-V, dengan harga HR-V.

Peluncuran mobil baru akan kian gencar pada pameran otomotif, ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), April 2018, dan mencapai puncaknya pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Agustus mendatang. Dua pameran itu dipilih lantaran menyedot perhatian publik otomotif Indonesia, bahkan dunia. Kita tahu, GIIAS telah menjadi tempat debut perdana dunia beberapa mobil. Salah satunya adalah sang fenomenal Mitsubishi Xpander, yang hingga kini telah mengeruk surat pemesanan kendaraa (SPK) 50 ribu unit.

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto menuturkan, model baru sangat dibutuhkan untuk mendongkrak penjualan. Sebab, konsumen medium up dengan banderol di atas Rp 200 juta sangat tertarik dengan mobil baru. Tanpa itu, konsumen cenderung menahan pembelian.

Sementara itu, dia melanjutkan, segmen bawah terhantam pengetatan kredit perusahaan pembiayaan (multifinance), seiring membengkaknya rasio kredit bermasalah (nonperforming loan/NPL). Dalam keadaan seperti ini, pasar perlu dirangsang oleh produk baru.

Seiring dengan itu, dia menuturkan, TAM berencana melepas 5-6 mobil baru tahun ini. Produk perdana adalah All New Rush, yang diperkenalkan November 2017 dan mulai dipasok ke konsumen tahun ini. Rush baru hadir dengan perubahan radikal, mulai dari penampakan, interior, mesin, hingga fitur.

“Bodi Rush baru lebih panjang, sehingga kabin lebih lapang. Desain interior lebih modern dan konfigurasi kursi kini tiga baris yang sanggup menampung tujuh penumpang. Berdasarkan riset kami, konsumen SUV membutuhkan mobil tujuh penumpang,” papar dia, belum lama ini.

Dia menambahkan, All New Rush menggunakan lampu depan-belakang LED, seperti mobil masa kini. Terdapat sistem hiburan layar sentuh, yang tekoneksi dengan iPhone. Dari sisi keselamatan, Rush baru mendapatkan lima bintang di uji tabrak Asean NCAP. Fitur keselamatan standar, kata dia, meliputi VSC, HSA, dan kantong udara (airbag) enam titik. bukan mustahil fitur-fitur Rush akan menjadi fitur standar Toyota. Namun, ini semua tergantung pada riset internal TAM.

Anda juga bisa baca tentang jenis mobil lainnya, yaitu :
– Jenis Mobil SUV Terbaik Di Indonesia Tahun 2018
– Mobil Audi Terbaru Di Indonesia 2018
– Mobil Toyota Terbaru Di Tahun 2018