Spesifikasi BMW M2 Coupé 2018

Spesifikasi BMW M2 Coupé 2018

BMW M2 Coupé di-plot sebagai suksesor BMW 1M Coupé yang sudah melenggang di dunia otomotif pada tahun 2011-2012 dengan produksi total 6309 unit. Namun kalau ditarik lagi ke belakang, BMW M2 Coupé banyak terinspirasi BMW 2002 Turbo yang menjadi sports car berbodi coupé kompak pertama BMW bermesin turbo yang sempat merajai jalanan di era 70an awal.

Dengan mengedepankan keasyikan berkendara tingkat tinggi di balik tubuhnya yang mungil, BMW M2 yang masuk ke Indonesia di tahun 2016 masih menjadi opsi mobil sports car kompak yang tepat untuk para driver enthusiast. Namun di sisi lain, BMW M2 juga perlu mendapatkan sedikit penyegaran agar terlihat ‘kekinian’.

Didesain oleh Hussein Al Attar selaku BMW M2 Lead Designer, BMW M2 Coupé 2018 yang mengusung kode bodi F87 dirancang mengedepankan bentuk tubuh yang agresif. Meski begitu, ia tidaklah dibentuk sebagai versi kompak dari BMW M4. Justru desain BMW M2 Coupé 2018 tidak melenceng jauh BMW 2 Series (F22), atau bisa dibilang seperti melihat BMW 2 Series Coupé yang baru saja keluar gym dan memiliki otot kekar di beberapa titik.

Tampang depan BMW M2 Coupé 2018 mengedepankan kesan sporty lewat desain fascia depan yang melandai dan sporty. Hal pertama yang langsung menarik perhatian ialah kisi-kisi air intake ekstra besar yang berfungsi untuk mengalirkan udara dan mendinginkan berbagai macam keperluan di sektor mesin. Tak hanya itu, terdapat pula kidney grille berkelir high-gloss black dengan “M2” logo tersemat di dalam grille.

Di sisi lain, jika dikomparasi dengan BMW M2 Coupé keluaran lama, ada sedikit perbedaan di area headlight. Ya, pada area headlight BMW M2 Coupé 2018 kini menggunakan BMW Adaptive LED yang didukung teknologi Selective Beam, cornering lights, dan anti-dazzle high-beam assistant. Teknologi pencahayaan mutahir ini memungkinkan visibilitas kala berkendara di malam hari dengan BMW M2 Coupé 2018 menjadi lebih baik.

Salah satu titik pandang mobil BMW M2 Coupé 2018 yang paling seksi adalah dari sudut samping. Lekukan pada fender belakang dirancang cukup kekar dan dominan, seakan mengisyaratkan mobil ini memiliki performa yang sangat besar. Pun ada alasan teknis mengapa area fender belakang jika dilihat menjadi lebih besar.

Alasan tersebut berkaitan dengan velg dan ban. Ya, untuk memaksimalkan traksi yang besar terhadap jalan, area roda belakang menggunakan lebar velg dan lebar ban berbeda dibandingkan roda depan. Ya, untuk roda depan menggunakan profil velg 19×9 inci dengan profil ban 245/35 ZR19, sedangkan roda belakang menggunakan profil velg 19×10 inci dengan profil ban 265/35 ZR19. Meski berbeda profil velg, desainnya tetap menggunakan M light alloy Double-spoke style 437 M.

Untuk sistem keselamatan aktif, BMW M2 Coupé 2018 menggunakan teknologi ABS, Dynamic Stability Control (DSC) incl. Dynamic Traction Control (DTC), Brake Stand-by, Brake Drying, Fading Compensation, dan Brake Assist. Soal piranti rem pun menggunakan M Compound Brake Disc dengan diameter 380 mm dan 4-piston fixed caliper untuk roda depan, serta diameter 370 mm dan 2-piston fixed caliper.

Divisi BMW M lebih memilih menggunakan mesin berkode N55 untuk BMW M2 Coupé. Mesin tersebut turut dipergunakan pada model BMW standar, dan di-upgrade melalui pergantian komponen yang digunakan pada BMW M3 dan BMW M4. BMW pun sebenarnya sadar akan kekurangan tersebut, dan memberikan ‘jawaban’ melalui BMW M2 Competition, yang untungnya menggunakan mesin berkode S55 yang diambil langsung dari BMW M3 Sedan dan BMW M4 Coupé.

Meski demikian, jika Anda adalah car enthusiast pemula dengan skill berkendara normal, dan ingin merasakan sensasi sports car kompak berbodi coupé yang memiliki performa tidak terlalu liar, maka BMW M2 Coupé 2018 adalah pilihan terbaik di ranah sports car kompak saat ini.