Spesifikasi Bugatti Divo 2018

Spesifikasi Bugatti Divo 2018

Bugatti selalu identik akan satu hal; kecepatan. Pernah mendobrak tatanan mobil tercepat di dunia melalui ‘keluarga’ Bugatti Veyron, Bugatti kini merepresentasikan pencapaian otomotif tertinggi mereka melalui Bugatti Chiron.

Namun bagi Bugatti, Chiron saja tidaklah cukup untuk merepresentasikan kehebatan engineering brand mobil eksotis asal Molsheim, Perancis. Melalui ajang “The Quail: A Motorsports Gathering“ di Monterey, California, Bugatti memperkenalkan Bugatti Divo 2018 yang membuka chapter baru dalam pencapaian engineering Bugatti di industri otomotif dunia.

Berbagi konsep bodi dan basis dengan Bugatti Chiron yang menjadi portofolio terkuat, bukan berarti membuat Bugatti Divo 2018 mirip 100% dengan Chiron. Bugatti melakuan pendekatan ‘coachbuilding’, yang jika diinterpretasikan dalam spirit Bugatti adalah bodi baru yang memiliki detil-detil agresif dan aerodinamis, namun tetap tidak melenceng dari sasis dan DNA desain Bugatti Chiron.

Hypercar yang mengadopsi bodi carbon fibre ini dibalut dalam warna Matte Titanium Liquid Silver dan Petroleum Blue Divo Carbon, dengan aksen highlight berkelir Divo Racing Blue. Bugatti mengklaim Bugatti Divo 2018 lebih ringan 35 kg dibanding Bugatti Chiron (1.996 kg), namun secara mengejutkan bisa menghasilkan total downforce 456 kg, lebih kuat 90 kg dibanding Bugatti Chiron.

Tampak depan Bugatti Divo 2018 dirancang untuk memastikan downforce mobil lebih baik. Hal ini disebabkan penggunaan front splitter berdesain agresif, dan air curtain ducts yang menghiasi area bumper samping, serta air intake depan yang dirancang lebih besar dan lebih lebar.

Ada pendekatan desain yang cukup cerdas dilakukan oleh Bugatti di area samping Bugatti Divo 2018. Pertama ialah desain lekuk C-bar yang lebih sederhana dibanding Bugatti Chiron yang mendominasi hampir dari titik tertinggi hingga titik terendah dari sisi samping bodi.

Sebagai gantinya, di area bawah eksterior samping Bugatti Divo 2018 terdapat dan air splitter yang dihiasi detil bendera Perancis, yang bertugas menyalurkan udara dari air curtain ducts hingga air intake di samping bawah.

Khusus pada Bugatti Divo 2018, area atap juga mendapatkan treatment aero yang sama ekstremnya dengan area bodi depan dan samping.

Bugatti Divo 2018 tetap hadir dengan central fin yang bertugas menghindari adanya turbulensi di area spoiler belakang. Bugatti Divo 2018 juga mengadopsi NACA air inlet yang dirancang bersamaan dengan engine compartment cover, dimana masing-masing bertugas untuk mengalirkan udara bertekanan tinggi dari atap menuju ruang kompartemen mesin hingga ke rear wing berukuran besar.

Mesin Bugatti Divo 2018 sejatinya mengusung unit mesin yang sama persis dengan Bugatti Chiron, yakni 8 liter W16 Quad-Turbocharger dengan Bugatti 2-Stage Turbocharging & Intercooling. Mesin yang menyalurkan tenaga ke seluruh roda melalui transmisi 7-percepatan DSG dual clutch gearbox ini masih memiliki kekuatan tenaga 1,500 hp dan torsi 1,600 Nm.

Meski demikian, Bugatti Divo 2018 ada sedikit perbedaan dengan saudara terdekatnya tersebut. Sekalipun sama-sama bisa mengeksekusi 0-100 km/jam dalam waktu 2.4 detik, namun untuk top speed Bugatti Divo 2018 ‘dibatasi’ di 380 km/jam atau sekitar 50 km/jam lebih lambat dari Bugatti Chiron (420 km/jam, mode Top Speed).

Di sisi lain, unit paling ekslusif dari keluarga Bugatti saat ini juga menawarkan experience baru dan unik. Ya, Bugatti Divo 2018 sukses membentuk karakter hypercar yang lebih driver oriented, dimana Bugatti Divo 2018 tak hanya jago akselerasi di trek lurus, namun juga bisa diajak berakselerasi hingga limit tertinggi saat melibas hairpin dan chicane di trek balap.

Kalau mau berandai, misal ajang balap ketahanan Targa Florio yang populer di tahun 1906 sampai 1977 kembali diadakan hari ini. Kami pastikan Bugatti akan menurunkan Bugatti Divo 2018 sebagai amunisi paling tepat untuk menaklukan trek balap ketahanan menantang di pegunungan Sicily, Italia.