Spesifikasi Porsche 718 Cayman 2018

Spesifikasi Porsche 718 Cayman 2018

Setiap brand mobil yang bermain di ranah sportscar punya cara tersendiri mendefinisikan makna dan prinsip sports car kepada khalayak car enthusiast. Biasanya pabrikan otomotif Italia yang gemar menelurkan lini sports car lebih mengutamakan penampilan eksotis, atau performa yang super kencang.

Lain lagi dengan brand otomotif asal Jerman, yang mengutamakan keseimbangan dan sinergi utuh antara performa, handling, serta penampilan secara keseluruhan. Dan Porsche adalah salah satu brand Jerman yang konsisten mengedepankan nilai tersebut.

Untuk memahami pendekatan yang selama 7 dekade terakhir menjadi ‘mojo’ dari sports car Porsche, kami pun mendapat kesempatan mencicipi Porsche 718 Cayman 2018 melalui PT Eurokars Artha Utama selaku distributor tunggal Porsche di Indonesia.

Membahas desain di keluarga Porsche maka harus menilik kembali ke prinsip desain mid-engine Porsche yang mengutamakan pakem bodi lightweight, desain lekuk bodi memberikan efek melebar, termasuk area front end yang lebih rendah dan landai.

Pakem ini sudah ada di mobil balap Porsche 718 RSK Spyder, 718 RS 60, dan 718 GTR Coupé. Ketiga mobil balap ini sukses menjadi ‘raja’ di ajang balap di era 60an seperti di Targa Florio, European Hill Climb Championship, 12 Hours of Sebring, dan 24 Hours of Le Mans. Pakem ini pun turut menjadi prinsip desain generasi terdahulu Cayman, yakni di Cayman berkode 987 (tahun debut 2005) dan 981 (tahun debut 2012)

Kedua value inilah yang coba dikemas secara apik oleh engineer Porsche 718 Cayman yang diperkenalkan di tahun 2016. Kental akan nilai historis kuat, namun di sisi lain desain mobil berevolusi semakin atletis dan dinamis mengikuti pergantian tren dan zaman masa kini.

Dari fascia depan, Porsche 718 Cayman 2018 mengusung desain headlight yang menjadi standar generasi terkini Porsche. Desain Bi-Xenon dengan 4-spot daytime running light LED memberikan visual yang lebih segar.

Detail berupa air intake di area sisi bumper depan pun dikemas dengan aksen garis horizontal, berfungsi memberikan karakter visual sporty sekaligus mendukung sisi aerodinamika mobil secara lebih baik.

Area samping Porsche 718 Cayman 2018 mempertegas identitas mobil sport dengan layout mid-engine lewat air scoop berukuran masif di belakang pintu mobil. Garis kontur dari fascia depan hingga ke belakang pun dibuat lebih sensual sekaligus mengutamakan sisi aerodinamika.

Porsche sendiri menyematkan kaca spion dengan frame v-shape, sekaligus velg berukuran 18 inci untuk Porsche 718 Cayman 2018 yang menambah cita rasa sporty pada sang coupé.

Esensi keseksian Porsche 718 Cayman 2018 terletak di area buritan belakang yang lebih kekar dan terkesan lebar. Hal ini disebabkan mulai dari area atap di pilar C sampai ke buritan belakang dirancang mengerucut, sehingga bisa menonjolkan lekuk ‘pinggul’ atau fender belakang Porsche 718 Cayman 2018.

Selain itu, engineer Porsche juga sukses membuat efek mobil terasa melebar melalui penyematan aksen panel hitam sebagai tempat emblem Porsche. Aksen panel ini seolah menyatukan desain taillight 4-spot LED yang dirancang pipih. Di atas panel terdapat sebuah rear spoiler tersembunyi, yang akan aktif membuka pada kecepatan di atas 120 km/jam atau melalui tombol di kabin.

Secara terstruktur, Porsche 718 Cayman 2018 memadukan unsur performa mesin impresif, handling yang presisi dan tetap mudah dikendalikan, serta penampilan yang ikonik dan sensual tanpa harus terkesan ‘show-off’. Pendekatan dan prinsip dasar mobil sport menurut paham Stuttgart inilah yang akhirnya membuat tak hanya 718 Cayman, tapi hampir seluruh lini sports car Porsche selama 7 dekade memiliki fanbase kuat dan selalu diapresiasi baik oleh publik.

Meski begitu, berkaca pada kebiasaan masyarakat Indonesia, tidak menutup kemungkinan mobil Porsche 718 Cayman hanya akan menjadi opsi yang terakhir. Bukan karena produknya yang tidak spesial, namun lebih kepada masyarakat Indonesia masih sangat mengutamakan gengsi ketika berbicara memiliki sports car.

Untuk itulah, Porsche juga memiliki varian lain untuk 718 Cayman, yakni 718 Cayman S dan 718 Cayman GTS yang bisa memenuhi ‘gengsi’ maupun untuk menjawab kebutuhan para penikmat mobil sport yang ingin performa di atas Porsche 718 Cayman 2018 seperti yang kami coba.

Namun jika ini adalah kali pertama bagi Anda untuk memiliki sports car, maka Porsche 718 Cayman 2018 menurut kami adalah pilihan paling tepat dan rasional untuk Anda mengenal dan memahami karakteristik mobil sport Jerman.