Spesifikasi Subaru BRZ 2012

Spesifikasi Subaru BRZ 2012

Subaru BRZ merupakan sebuah mobil hasil kerjasama antara Subaru dengan Toyota. Di proyek ini Subaru lebih berperan untuk mengembangkan bagian mesin boxer yang selama ini menjadi ciri khas dari mobil mereka. Sementara Toyota lebih berperan mendesain bentuk luar mobil ini sehingga terbentuk konsep mobil sport yang mereka inginkan. Setelah beberapa kali muncul dalam bentuk concept car, akhirnya mobil ini resmi diluncurkan pada tahun 2012. Secara keseluruhan, konsep mobil sport coupé 2+2 mobil ini bisa kita cerna dengan mudah.

Meski sebetulnya sama, nasib Subaru BRZ bisa dibilang kalah pamor dengan kembarannya, Toyota 86. Bisa jadi ini karena kiprah APM-nya yaitu Motor Image Indonesia yang memang tidak semasif Toyota dan sejak 2015 praktis tidak lagi beroperasi. Subaru BRZ merupakan sebuah mobil hasil kerjasama antara Subaru dengan Toyota.

Desain sport memang benar-benar sangat terasa dari bagian eksterior Subaru BRZ 2012. Bentuk body sangat aerodinamis dengan tarikan body tegas bisa kita dapatkan dari mobil ini. Jangan lupa, ia didesain serupa dengan Toyota 86 sehingga untuk membedakannya paling mudah dengan mengecek pada badge logo mobil yang dikenakan di sports car kompak ini.

Di bagian depan, mobil ini memiliki bentuk mobil sport yang cukup gagah dengan headlamp yang cukup dinamis. Headlight menggunakan teknologi HID dipercaya untuk memberikan pencahayaan baik saat berkendara malam. Serta untuk grille dirancang bisa memberikan asupan udara masuk ke mesin lebih baik.

Dari bagian samping kita bisa melihat benuk yang sangat sempurna dengan lekukan body yang sangat aerodinamis dengan tarikan body yang tidak berlebihan.Desain ini juga terasa pas dengan velg 17 inci aluminium alloy yang menjadi standari di Subaru BRZ 2012.

Sekarang kita review mobil Subaru BRZ 2012 di sisi interior ya. Dari segi interior Subaru BRZ 2012 menawarkan bagian interior yang cukup maskulin dengan menggunakan warna hitam dengan aksen warna silver. Mobil ini memang tidak memiliki ruang yang cukup luas, tetapi masih sangat nyaman untuk digunakan.

Walaupun tidak menggunakan material kulit, mobil ini masih terlihat sangat mewah dengan desain yang sangat modern.Tidak ada aksen berlebihan tanpa fungsi yang jelas sehingga mobil ini memiliki citra sport yang sangat kental. Bagian dashboard di desain cukup sederhana tapi terlihat sangat modern. Tampilan headunit 2 DIn terasa sederhana karena tanpa ada layar sentuh/digital, serta pengaturan AC digital membuat mobil ini sangat futuristik.

Kursi depan menggunakan desain bucket seat yang sporty dengan menggunakan campuan material kulit dan juga Alcantara. Sayangnya, kursi di baris kedua kurang proporsional untuk digunakan oleh orang dewasa.

Bagian bagasi memang tidak terlalu besar, namun masih bisa diekspansi dengan cara melipat kursi belakang yang akan terlipat rata lantai. Setidaknya hal ini bisa mengakomodir ruang bagasi lebih besar, apabila sesekali Anda harus membawa barang berukuran besar seperti tas golf di mobil sport ini.

Untuk bagian keselamatan, mobil ini dilengkapi dengan fitur keselamatan yang cukup lengkap. Mulai dari 7 buah air bag hingga fitur traction control sudah ada di dalam mobil ini. Fitur pengereman menggunakan teknologi ABS + EBD, serta Vehicle Dynamic Control System sudah tersemat di mobil yang satu ini.

Untuk bagian hiburan, mobil ini menggunakan headunit 2 DIN yang sudah bisa terkoneksi dengan smartphone untuk memainkan hiburan langsung dari smartphone melalui slot USB dan Aux. Headunit ini juga bisa memainkan hiburan dari CD dan Radio.

Secara umum, sebagai sebuah sports car kompak Subaru BRZ memang sangat indah untuk dipandang mata dengan berbagai detail yang tersemat di dalamnya. Selain itu jaminan mesin dari Subaru yang terkenal dengan mesin boxernya menjadikan mobil ini sangat mumpuni untuk digunakan di jalan raya dengan kecepatan tertinggi dan juga daya tahannya baik.

Sayangnya, untuk Subaru BRZ memang populasinya tidak sebanyak ‘kembaran’ dari brand Toyota, yaitu Toyota 86. Padahal bila kita lihat perbedaan antara kedua mobil ini sangatlah tipis. Tetapi, pilihan tentunya kembali kepada Anda sebagai pengguna, lebih memilih mobil keluaran dari Toyota atau dari Subaru.