Spesifikasi Volvo 360c 2018

Spesifikasi Volvo 360c 2018

Mobil tanpa pengemudi atau biasa disebut mobil otonom semakin banyak dikembangkan oleh para produsen otomotif. Ada banyak teknik yang digunakan untuk mobil bisa bergerak sendiri tanpa dikendarai manusia, seperti radar, sinal laser, GPS, yang semuanya dikendalikan secara komputerisasi. Menggunakan teknologi sensor, mobil yang melaju sendiri mampu mengidentifikasi lingkungan sekitar seperti rintangan, rambu lalu lintas juga pedestiran.

Namun selama ini produsen otomotif menciptakan mobil otonom layaknya sebuah mobil penumpang yang mengantarkan satu titik ke titik lainnya. Berbeda dengan mobil konsep Volvo 360c yang menawarakan rasa berkendara layaknya sebuah pesawat first-class dan ditujukan untuk perjalanan jauh. Dalam presentasinya, Volvo menjanjikan 360c konsep ini sebagai kendaraan yang nyaman bagi penumpang layaknya rumah sendiri.

Ya, fokus utama dari mobil otonom Volvo 360c konsep ini adalah konfigurasi dalam kabin yang terbagi menjadi 4 pilihan. Volco ingin memindahkan ruangan rumah ke dalam kabin. Adapun konfirugasi kabin yang dihadirkan Volvo adalah kamar tidur, ruang kerja, ruang tamun dan ruang hiburan. Meski belum diketahui pengembangan mobil ini sudah sampai mana, namun Volvo berharap mobil otonom ini bisa digunakan sebagai alternatif perjalanan jauh selain pesawat terbang.

Tampak depan Volvo 360c terlihat sangat sederhana namun terlihat futuristik. Sebuah LED bar bagian tengah terdapat logo Volvo dan lampu untuk perjalanan malam hari. Desain bumper terlihat membulat dan tidak banyak lekukan tegas. Pada sisi kanan dan kiri LED bar terdapat angka 360 sebagai tipe mobil otonom Volvo. Sementara diatasnya tidak ada kap mesin mengingat mobil ini memang murni listrik sehingga langsung kaca yang menyambung hingga ke belakang.

Dari samping pun mobil otonom 360c ini mempunyai pintu yang besar dan hanya 2 pintu (kanan dan kiri) dengan desain seperti sayap kupu-kupu. Ban yang digunakan Volvo 360c ini terlihat cukup besar meski belum diketahui ukuran berapa yang digunakan. Menariknya dalam sketsa yang dipaparkan oleh Volvo tidak terlihat gagang pintu yang artinya besar kemungkinan buka dan tutup pintu mobil menggunakan remote.

Berbeda dengan bagian depan yang terlihat sederhana dan cenderung lebih mengembung, sisi belakang Volvo 360c justru terlihat modern dan berkarakter. Sekilas seperti ada spoiler pada bagian belakangnya namun ternyata dua pilar kana dan kiri adalah bagian dari lampu. Lampu yang dibuat banyak lekukan ini membentuk seperti huruf S miring. Terdapat kaca yang mehubungkan pilar lampu dengan rangka dari mobil ini.

Tren mobil otonom memang sedang menjamur di Eropa dan Amerika. Hampir seluruh pabrikan otomotif memperkenalkan konsep dari mobil otonom, termasuk Tesla yang bahkan sudah masuk tahap produksi. Namun Volvo berani tampil beda dengan menghadirkan sebuah mobil konsep untuk perjalanan jauh dengan beragam pilihan konfigurasi. Mulai dari konfigurasi seperti ruang tamu, ruang rapat, bahkan ruang tidur. Desainnyacukup unik dan terlihat sederhana. Meski belum ada spesifikasi lengkap, Volvo sudah mempersiapkan sebuah produk masa depan.